Mlancong ke Museum Tsunami Aceh

Jumat, 8 April 2016

wisata indonesia

Museum ini terlihat dari samping bagaikan gedung yang luas untuk menyelamatkan diri (escape building), namun nampak dari atas katanya seperti rentetan gelombang Tsunami. Kesan lain, bagi para pengunjung, pertama ketika melihat bangunan museum ini adalah sebuah bangunan yang bentuknya minimalis dan modernis, tidak seperti layaknya museum yang bangunannya kuno.

Lorong Tsunami

Lorong Tsunami

Foto-foto Tsunami

Nama nama korban Tsunami

Jembatan harapan

Jembatan harapan

Theatre

Pertama kali masuk, kita langsung diajak untuk mengingat dan mendengarkan gelombang Tsunami yang waktu itu terjadi. Namun tentu semua itu hanya replika yang bernama dengan Lorong Tsunami. Lorong dengan ketinggian empat puluh meter dan panjang sekitar lima puluh meter ini dibuat seakan akan kita berada dalam gelombang tsunami, bunyi gemuruh terdengar ketika kita melewati Lorong Tsunami.

Selesai melewati Lorong Tsunami, kemudian kita diajak untuk melihat-lihat foto-foto peristiwa tsunami. Kondisi tsunami waktu itu banyak tergambar dari foto-foto yang dipajang, dari mulai kondisi pantainya, rumah yang porak poranda dan ragam persitiwa  lainnya terkait dengan peristwa tsunami Aceh . Sungguh dahsyat membayangkan peristiwa tsunami yang terjadi saat itu, 26 Desember 2004, jika melihat foto-foto yang ada.

Kemudian selanjutnya kita akan memasuki ruang The Light of God atau terjemahan bebasnya kira-kira ruang pengharapan. Jadi bagi para korban tsunami saat itu yang meninggal, namanya tercatat di dinding yang melingkar. Korban yang masih hidup, semata-mata karena pertolongan Tuhan Yang Maha Esa, yang selanjutnya terus melanjutkan kehidupan sampai sekarang.

Nah kehidupan yang dilanjutkan sampai sekarang digambarkan dengan jembatan harapan. Jembatan harapan yang ada di museum itu merupakan sebuah jembatan yang bagus, dibangun dengan posisi naik ke arah lantai dua, layaknya sebuah harapan dan cita-cita yang tumbuh dan berkembang. Di lantai dua terdapat sebuah theatre kecil yang bisa memuat sekitar 20 an orang, dimana dalam theatre tersebut diputar peristiwa tsunami.

Selain peristiwa tsunami, pengetahuan singkat tentang tsunami juga ditampilkan. Di lantai ini juga dipajang foto-foto tsunami Aceh yang merupakan kelanjutan dari foto-foto yang ada di lantai satu. Yuk berkunjung ke Museum Tsunami Aceh !

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 847


×
 

Trip Mlancong




Provinsi