Menikmati Hamparan Pasir Pantai Congot

Sabtu, 8 Sepember 2012

wisata indonesia

Ternyata Kabupaten Kulon Progo tidak hanya dikenal sebagai salah satu sentra padi, namun keberadaan wisata Pantai Congot menjadi salah satu magnet tersendiri untuk mengunjungi daerah ini. Terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Pantai Congot menjadi pusat kegiatan warga sekitar yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan. Dan hal itu terus bergeser dan berkembang karena Pantai Congot kini telah menjadi salah satu tujuan wisata, baik oleh warga sekitar maupun warga dari luar daerah.

Menunggu ombak

Ombak besar, tapi menawan

Bermain ombak

Hamparan pasir

Bisa menikmati semangka

Perahu nelayan

Bisa menikmati es dawet

Lokasi Pantai Congot tidak terlalu jauh dari jalan raya Wates, hanya masuk ke dalam sekitar 3 kilometer. Dan semua jalan terhubung dengan aspal hotmix yang halus, jadi sangat mudah dijangkau oleh siapapun. Sepanjang jalan yang menghubungkan Wates dengan Pantai Congot, anda bisa bisa menyaksikan hamparan sawah hijau dan aktivitas warga desa di Kulon Progo yang bercocok tanam.

Hamparan pasar Pantai Congot juga sangat luas, anda bisa bermain-main pasir, bermain bola, memancing, sampai dengan bermain layang-layang. Sayangnya, walaupun pasirnya halus dan luas, Pantai Congot tidak begitu ideal untuk mandi, karena tipikal pantai selatan yang ombaknya lebih sering besar.

Kalau anda datang pagi hari, bisa menyaksikan aktifitas para nelayan yang berlabuh dari laut dan membawa hasil tangkapan ikan. Rasanya ada nuansa tersendiri ketika melihat hiruk pikuk mereka dengan berbagai kesibukannya, dari mulia menghitung jumlah tangkapan ikan, sampai proses jual belinya, sangat menarik !

Ada beberapa warung kecil yang berdiri di tepi pantai, dari mulai yang berjualan es dawet, sampai dengan makanan seafood. Anda bisa mencobanya, karena rasanya juga tidak mengecewakan. Usai menikmati pantai dan makanannya, anda bisa berjalan ke arah barat untuk menikmati pemandangan muara Sungai Bogowonto.

Kita bisa berdiri dan bersantai sejenak di tanggul yang berada di tepian hilir sungai atau batu-batuan di tepian muaranya. Pertemuan air tawar sungai dan air asin laut inilah yang membuat wilayah tepi Pantai Congot kaya beragam jenis ikan. Di muara sungai itulah, beragam jenis ikan terdapat dalam jumlah yang cukup banyak.

Dengan berbagai potensi alamnya, Pantai Congot bisa memberikan alternatif wisata bagi anda khususnya para pecinta Pantai. Selamat berkunjung !

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 749


×
 

Trip Mlancong




Provinsi