Menengok Barang-Barang Peninggalan Sunan Gunung Jati di Keraton Kanoman Cirebon

Jumat, 13 April 2012

wisata indonesia

Keraton Kanoman merupakan komplek keraton yang cukup luas, terdiri dari dua puluh tujuh bangunan kuno. salah satunya saung yang bernama bangsal witana yang merupakan cikal bakal Keraton yang luasnya hampir lima kali lapangan sepak bola.

Banyak keramik dari China

Wah seperti nggak di Cirebon nih..

Kereta Paksi Naga Liman

Kereta Paksi Naga Liman

Pintu jati kuno

Konon sosok ini yang berjaga di pantura sekitar Cirebon

Bangsal utama

Singgasana...

Gayung buat mandi

Di keraton ini masih terdapat barang barang Sunan Gunung Jati, seperti dua kereta bernama Paksi Naga Liman dan Jempana yang masih terawat dengan baik dan tersimpan di museum. Bentuknya buroq, yakni hewan yang dikendarai Nabi Muhammad ketika Beliau melakukan Isra Mi'raj.

Tidak jauh dari kereta, terdapat bangsal Jinem, atau Pendopo untuk Menerima tamu, penobatan sultan dan pemberian restu sebuah acara seperti Maulid Nabi. Dan di bagian tengah Kraton terdapat kompleks bangunan bangunan bernama Siti Hinggil.

Hal yang menarik dari Keraton di Cirebon adalah adanya piring-piring porselen asli Tiongkok yang menjadi penghias dinding semua keraton di Cirebon. Sebetulnya Tak cuma di keraton, piring-piring keramik itu bertebaran hampir di seluruh situs bersejarah di Cirebon.

Dan yang tidak kalah penting dari Keraton di Cirebon adalah keraton yang selalu menghadap ke utara. Di depan keraton selalu ada alun alun untuk rakyat berkumpul dan pasar sebagai pusat perekonomian, di sebelah timur keraton selalu ada masjid.

Namun satu hal yang terlihat kurang menarik dari keraton Kanoman adalah masalah kebersihannya. Debu-debu tebal tampak menghiasi kursi dan lantai di bangsal utama. Serta halamannya juga nampak tidak dirawat dengan baik. Mudah-mudahan pihak pengelola sadar akan masalah kebersihan ini, sehingga keraton Kanoman juga sangat layak untuk dikunjungi wisatawan.

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 359


×
 

Trip Mlancong




Provinsi