Memandang Keindahan Ombak di Pantai Petanahan

Rabu, 19 Sepember 2012

wisata indonesia

Pantai Petanahan terletak di jalur lintas selatan Propinsi Jawa Tengah, daerah Kebumen. Dari pertigaan Guyangan-Sruweng belok ke selatan terus sampai ke Desa Karanganyar dan lokasi pantai. Pantai yang terletak di samudera Indonesia ini memang terkenal dengan ombaknya yang bergulung-gulung. Saat cuaca cerah ketinggia ombak bisa mencapai 3-4 meter, sehingga sangat berbahaya untuk mandi.

Banyak orang berjualan

Jualan mainan

Bermain pasir

Bermain ombak

Wow...ramainya..

Naik kuda..

Ombaknya cantik

Namun justru disini kelebihannya, dengan ombak besar tersebut, rata-rata orang kesini hanya nongkrong dan ingin menikmati keindahan ombak laut yang menderu-deru. Pantai ini sangat luas membentang dari ujung barat (pantai Karangbolong) sampai ke muara sungai Lukulo.

Ada keyakinan yang dipercaya oleh warga setempat, bahwa dengan berkunjung kesini dosa-dosa kita akab dilebur ke laut. Untuk itu di hari-hari tertentu seperti saat liburan dan hari raya, pantai ini akan sangat ramai dikunjungi oleh bpengunjung.

Idealnya datang ke Pantai Petanahan adalah pagi hari atau sore hari, dimana matahari belum begitu terik. Di pantai banyak orang berjualan seperti bakso, pecel, lotek, mendoan dan makanan / minuman lain, sehingga pengunjung tidak perlu bawa bekal banyak-banyak. Selain itu juga ada penjual souvenir, kerajinan tangan dan lain-lain.

Selain itu, menurut kearifan setempat, kita sangat disarankan untuk memakai pakaian hijau gadung, karena warna tersebut merupakan kesukaan Nyi Loro Kidul. Sehingga bagi yang memakai warna ttersebut bisa tersesat dan hilang. Boleh percaya boleh tidak.

Kegiatan lain yang biasa dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Petanahan selain melihat ombak yaitu, naik kuda, bermain layang-layang sampai dengan bermain pasir. Mampir dan tengoklah Pantai Petanahan ketika anda melintas di jalur Selatan Jawa Tengah.

 

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 530


×
 

Trip Mlancong




Provinsi