Melepas Penat ke Curug Suhom

Senin, 11 April 2016

wisata indonesia

Jarum jam menunjukkan pukul delapan pagi ketika kami bersiap menuju Curug Suhom, yang katanya merupakan curug yang paling dekat dengan Kota Banda Aceh. Perlahan-lahan mobil yang kami tumpangi mulai meninggalkan perkotaan, dan beberapa saat kemudian jalanan mulai naik dan turun pertanda kami sudah mulai melewati daerah pegunungan.

Selamat Datang...

Tiket masuk

Curug Suhom

Terlihat dari atas

Segernya mandi disini

Deras airnya..

Pemandangan menjadi lebih segar karena di kanan dan kiri jalan merupakan hutan lebat. Beberapa sapi liar terlihat melintas, dan beberapa area juga kami jumpai monyet-monyet yang nongkrong di pinggir jalan menunggu uluran makan dari kendaraan yang lewat. Kurang lebih setelah satu jam kami melewati jalanan yang naik, turun dan berkelok, terlihatlah papan petunjuk yang mengarahkan kami ke Curug Suhom.

Kami mulai melewati jalanan aspal kasar, namun tetap nyaman untuk dilewati. Setelah melewati beberapa rumah penduduk, akhirnya sampailah kami di Curug Suhom.Sebuah curug yang tidak terlalu besar, dengan ketinggian kurang lebih dua puluh meter, namun air yang mengalir lumayan deras.  Air terjun yang deras ini juga menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat di sekitar air terjun Desa Kreung Kala dimana air terjun itu berasa. Sebuah pembangkit listrik tenaga mikrohidro kini telah dibangun di dekat air terjun dan dioperasikan untuk mengaliri listrik kepada 200 KK (Kepala Keluarga) penduduk Desa Kreung Kala.

Di samping Curug Suhom, telah dipersiapkan jalan setapak bagi yang mau naik ke atasnya. Ternyata di atasnya ada air terjun lagi yang lebih pendek, kurang lebih dengan ketinggian sepuluh meter. Namun pemandangannya jauh lebih indah karena air terjunnya melewati batu-batu cadas yang berwarna kekuning-kuningan. Airnya pun dingin dan segar, cocok sekali buat mandi.

Untuk pengunjung sendiri makin hari makin ramai, apalagi setelah tidak ada konflik lagi di daerah tersebut. Jadi ketika orang berkunjung ke Banda Aceh, Curug Suhom telah menjadi salah satu agenda tujuan untuk dikunjungi.

By : AMGD

 



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 69


×
 

Trip Mlancong




Provinsi