Derawan Yang Elok Nan Menawan

Jumat, 11 Maret 2016

wisata indonesia

Derawan, Sebuah tempat nan elok yang terletak  di Berau – Balikpapan memang salah satu tempat yang patut dikunjungi. Untuk mencapai Derawan butuh Multimoda transportasi, tapi tidak susah mencapainya.

Selamat datang di Berau...

Selamat datang di Tanjung Batu...

Di Derawaan....

Penginapan di Derawan

Huhuii..

Siluet..

Snorkling di Danau Kakaban

Snorkling di Danau Kakaban

Jellyfish...

Maratua...

Maratua...

Sangalaki..

Sangalaki..

Wajah wajah bahagia setelah menjelajah Derawan...hehehe

Rata-rata para pengunjung memilih jalan dengan terbang menuju Balikpapan, kemudian dari Balikpapan terbang lagi satu jam dengan pesawat kecil menuju Berau. Perjalanan dari Berau masih dilanjutkan lagi dengan jalan darat menuju Tanjung Batu – kurang lebih butuh waktu dua jam. Beberapa ruas jalan hotmix nya sudah mengelupas karena kendaraan berat yang sering melintas membawa kayu, tapi secara umum kondisinya masih bagus.

Setelah Tanjung Batu, perjalanan masih harus dilanjutkan lagi dengan menumpang speedboat menuju Pulau Derawan – kurang lebih butuh waktu setengah jam. Nah, sampailah sudah di Derawan setelah seharian melakukan perjalanan. Biasanya kalau anda terbang dari Balikpapan menuju Berau di pagi hari, sampai di Derawan sekitar sore jam empat. Begitu sampai anda tidak bisa kemana-mana karena waktu sudah menjelang sore. Paling-paling hanya jalan-jalan di sekitar penginapan ataupun menghabiskan malam di tepi pantai. Penginapan di Derawan pun bermacam-macam, ada yang dipinggir pantai, ada yang di dalam pulau, ada yang ber ac dan tidak ber ac. Namun perlu diingat, bahwa di Derawan tidak ada hotel, yang ada hanya homestay.

Pagi-pagi sekali anda bisa memulai perjalanan menjelajah kepulauan sekitar Derawan. Paling ideal, pertama kali anda bisa menuju Danau Kakaban yang butuh waktu sekitar dua jam dari Derawan dengan speedboat. Karena kalau anda datangnya siang atau sore, Danau Kakaban akan keruh karena sudah ramai oleh pengunjung sebelumnya. Kalau pagi-pagi, suasana masih sunyi, airnya masih bening, sehingga kita akan puas menikmati Danau Kakaban.

Aktifitas yang bisa dilakukan di Danau Kakaban adalah snorkling dan bermain dengan Jellyfish yang tidak beracun. Katanya hanya ada beberapa tempat di dunia ini dengan Jellyfish yang tidak beracun, salah satunya adalah di Danau Kakaban. Kalau bermain dengan Jellyfish harus berhati-hati, jangan dipegang terlalu kencang agar tidak mati. Di pinggir danau ada beberapa tempat duduk dari bambu dan kayu, nah kalau sudah capai main snorkling, anda bisa duduk-duduk di atas kayu tersebut sembari menikmati pemandangan sekitar.

Selesai menikmati Asyiknya bermain Jellysifh di Kakaban, perjalanan bisa dilanjutkan ke Pulau Maratua. Di Pulau Maratua terdapat beberapa penginapan di pinggir pantai, namun disini bukanlah pulau penduduk, sehingga kalau anda menginap di pulai ini, anda harus bersiap untuk menyepi, cocoklah untuk yang mau berbulan madu. Pantai di Pulau Maratua juga sangat bersih, jadi kalau tidak menginap disini biasanya bermain di pantai dan snorkling di sekitar pulau. Namun arus di sekitar perairan Pulau Maratua terkadang kuat, dan kalau sudah begini kita tidak bisa snorkling. Biasanya orang speedboatnya akan info, apakah arus sedang kuat atau tidak.

Pulau terakhir yang harus kita kunjungi sebelum kembali ke Derawan adalah Pulau Sangalaki. Di Pulau ini kita bersantai, karena ada lodge disini yang nyaman sekali buat bersantai. Garis pantainya yang luas dan panjang juga tak kalah menariknya untuk anda yang suka bermain di pantai. Selain itu ada penangkaran penyu di Pulau Sangalaki, kita bisa belajar dan melihat bagaimana penangkaran tersebut dilakukan. Hal yang paling ditunggu disekitar pulau ini adalah Manta, seperti ikan pari yang berukuran besar, dengan panjang antara dua sampai dengan tiga meter dan lebar antara tiga sampai empat meter. Manta ini tidak tiap hari nongol, bagi anda yang berkunjung ke Pulau sangalaki dan bisa melihat manta, berarti beruntung sekali.

Selesai semua perjalanan, kembali ke Pulau Derawan biasanya sekitar sore jam lima sampai dengan jam enam. Di Derawan sendiri pantainya tidak begitu bagus, karena memang digunakan sebagai tempat tinggal penduduk. Perlu diingat ya, harga makanan disini lebih mahal, sebagai misal, harga pecel satu porsi bisa dua puluh ribu, harga nasi goreng bisa dua puluh ribu. Namun tentunya hal itu sesuai dengan transportasi menuju kesini yang butuh banyak biaya. Selamat berkunjung !

By : AMGD

 



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 649


×
 

Trip Mlancong




Provinsi