Srutup Srutup Garang Asem di RM Sari Rasa Kudus

Rabu, 9 Januari 2013

wisata indonesia

Namun belakangan, Kota Kudus tidak hanya dikenal sebagai Kota Kretek, tetapi sudah melebar ke kuliner. Banyak sekali kuliner Kota Kudus yang bisa dicicipi, ada soto kudus, soto kerbau, tahu campur sampai dengan garang asem.

Interiornya..

Daftar menu

Garang asem

Garang asem

Tahu telur

Rumah makan Sari Rasa yang berada di Jl. Agil Kusumadja 20, Jati Kulon, Kudus adalah pelopor penjual garang asem di Kota Kudus. Mungkin sudah menjadi jodohnya juga, dulunya rumah makan ini sepi, tapi setelah menjual menu garang asem menjadi ramai seperti sekarang. Walaupun buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 8 malam, namun Penjualan garang asem berkisar antara jam 11 an sampai dengan sore jam 3 sore. Setelah jam 3 biasanya habis, karena tiap hari menu ini selalu diburu oleh pelanggan.

Garang asem identik dengan daun pisang dan belimbing wuluh (belimbing sayur). Mula-mula, si juru masak memborehi ayam yang sudah dipotong-potong dengan bumbu dapur, lantas mengimbuhi pakai belimbing wuluh dan tomat. Selanjutnya, ia dikukus dalam bungkusan daun tersebut selama satu sampai satu setengah jam. Ketika matang, merebaklah aroma daun pisang yang harum. Karena itu, semakin muda daun pisangnya, baunya akan semakin harum.

Karena ada tomat dan belimbing wuluhnya, makanya rasanya menjadi asem. Dan garang sendiri bisa diartikan pedas, karena banyak potongan cabe yang terselip diantara potongan ayam dan kuahnya. Hmm..makanya rasanya asem, pedes dan sueger bercampur jadi satu. Dan puncak kelezatan tersebut adalah ketika disajikan dalam keadaan panas…hmm…srutup..srutup..kuahnya mantab.

Selain garang asem ada beberapa menu lain seperti, opor ayam, nasi rames, ayam goreng, tapi garang asem tetap yang paling diburu orang.  Kalau memburu garang asem di Rumah Makan Sari Rasa sebaiknya antara jam 11 sampai dengan jam 3 sore, karena dibawah jam sebelasan terkadang belum matang, tapi di atas jam tiga sore bisa kehabisan.

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 934


×
 

Trip Mlancong




Provinsi