Pecel Pincuk Kalibata, Bisa Pilih Racikannya

Senin, 24 Desember 2012

wisata indonesia

Berada di salah satu sentra kuliner Ibukota, yaitu depan Taman Makam Pahlawan Kalibata-Jakarta Selatan, membuat posisi Pecel Pincuk kalibata semakin dikenal oleh masyarakat sekitar dan bahkan dari pinggiran Jakarta. Menempati sebuah tempat di pojok dengan luas sekitar 300 meter dan kapasitas tempat duduk sekitar 50 orang, membuat resto ini cukup nyaman sebagai tempat makan.

Interiornya...

Menu..

Hmm...sedaap...

Ada daun kemanginya...petai cina....

Pilihan sayur

Dan interiornya pun ditata sedemikian rupa sehingga terlihat tradisional, namun tetap elegan dan berkelas. Hal ini nampak dari para pengunjung yang datang, dari mulai yng membawa motor sampai dengan mobil mewah. Kalau akhir pekan, pastinya resto ini sangat ramai, dan bahkan untuk mendapatkan tempat parkir di sekitar resto menjadi agak sulit.

Menu yang ditawarkan oleh resto ini ada beberapa, namun menu andalan pastinya adalah pecel yang menggunakan daun pisang yang dikemas seperti pincuk. Pecel pincuk pastinya makanan menyehatkan. Betapa tidak, hampir semua sayuran digabung jadi satu. Mulai dari rebusan daun bayam, daun papaya, kacang panjang, dan taoge diberi taburan serundeng, petai cina, dan beberapa lembar daun kemangi segar.

Sebelumnya bumbu sudah lebih dahulu direndam dalam air. Perendaman ini membuat bumbu mekar dan mudah dilumatkan. Baru setelah itu, disiram ke atas sayuran. Saat disajikan diberi beberapa potong peyek kacang dan kerupuk gendar atau lempeng. Di saat memesan sayuran, kita pun bisa memilih sayuran apa yang bisa dicampur, atau komplit.

Karena seperti daun papaya yang agak pahit atau petai cina yang aromanya kurang sesuai bagi sebagian orang, pastinya ada yang suka dan ada yang tidak, sehingga harus dipesan terlebih dahulu sebelum diracik. Untuk bumbunya, hmm…caem..ringan dan cukup menohok lidah. Apalagi kalau pedes sedikit, komplit rasanya.

Pelengkap lain yang tak pernah ketinggalan dalam racikan pecel Madiun ini adalah peyek kacang. Peyek bertepung tipis dengan taburan kacang yang telah dicincang dan irisan daun jeruk yang renyah gurih dan wangi. Selain peyek kacang masih ada botok, bacem tempe dan tahu, sate telur puyuh, sate ati rempela, perkedel, telur asin, mendol, empal dan juga paru sebagai pelengkap lauk.

Yuk cicipin renyah dan sedapnya Pecel Pincuk kalibata !

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 678


×
 

Trip Mlancong




Provinsi