Pecel Mbok Kami, Fenomena Kuliner Ambarawa

Sabtu, 17 November 2012

wisata indonesia

Warung pecel Mbok Kami adalah warung kecil yang sangat sederhana dan jauh dari kesan mewah. Jadi jangan kaget ketika anda mengunjungi tempat ini, karena memang begitulah adanya. Namun justru karena kesederhanaannya tersebut, malah membuat orang jadi penasaran dan datang untuk melihat dan mencicipi pecel Mbok Kami.

Ramainya...

Ramainya...

Sibuk ya Mbah...

Mantab..

Lezaat...

Semoga laris ya Mbah..

Lokasi warung Mbok Kami ini berada tepat di seberang terminal Ambarawa, tepatnya di jalan menuju Goa Maria Kerep. Atau begitu anda sampai di terminal Aambarawa,tanyalah pada sopir-sopir ataupun penduduk setempat, pasti dengan senang hati akan mengantar anda.

Anehnya, walaupun kondisi warungnya yang sangat sederhana, namun pelanggan yang datang dari mulai para sopir sampai dengan mobil mewah. Warung ini buka dari jam 7 pagi dan tutupnya nggak tentu, kalau habis ya langsung tutup. Tapi biasanya antara jam 11 an sampai dengan jam 12 an siang sudah habis. Sehingga jangan heran kalau dalam sehari bisa menjual 300 – 400 pincuk.

Apa sih yang membuat orang tertarik untukdatang kesini ; nasi pecel yang disajikan memang sedikit berbeda dengan yang lain. Nasi pecel dengan campuran mi goreng, tahu isi yang dicuwil-cuwil (disobek kecil-kecil),  dan yang membuat pecel ini istimewa adalah pincuk (wadah dari daun pisang) yang dijadikan sebagai tempat untuk menghidangkan pecel. Cita rasa Pecel ini adalah pecel dengan rasa pedes dan manis yang berpadu.

Tempat makan yang satu ini terdengar sedikit unik. Entah mulai dari kapan dan siapa yang memulai  menyebut warung makan ini dengan nama ”Mbok Kami”. Nama ini sudah diturunkan dari tahun 80an, terutama oleh siswa-siswi di sekitar warung pecel ini. Mungkin nama ini muncul karena mereka sering memanggil penjualnya dengan sebutan ”Mbok” (Bu dalam Bahasa Jawa), yang dengan sabar memenuhi keinginan anak-anaknya(para anak sekolahan).

Untuk minuman, Anda dapat menikmati es teh, es jeruk, kolak, dan kombinasi yang disajikan dengan cara berbeda. Jika Anda mencoba kombinasi, Anda akan menikmati kolak dengan tambahan ketan hitam yang gurih manis.

Karena keunikan dan kesederhanaanya  tersebut, Warung Mbok Kami menjadi fenomena kuliner di Ambarawa. Kalau ke Ambarawa, pastikan mampir ya.

By : AMGD

 



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 594


×
 

Trip Mlancong




Provinsi