Museum Kapal Lampulo, Sang Penyelamat 59 Jiwa

Rabu, 6 April 2016

wisata indonesia

Tsunami yang terjadi di Aceh di pagi hari pada tanggal 26 Desember 2004, tentunya masih menyisakan memori sampai sekarang. Karena semua bangunan yang dilewati air bah porak poranda dan ratusan ribu nyawa manusia melayang karenanya.

Lokasi parkir..

Tangga untuk melihat kapal

Museum Kapal Lampulo

Monumen kecil..

Nama nama korban Tsunami

Salah satu foto Tsunami

Salah satu kenangan tersebut dapat dilihat di Museum Kapal Lampulo, sebuah kapal dengan ukuran panjang 25 meter dan lebar 5,5 meter yang terdampar di atas rumah penduduk. Tepatnya terdampar di kawasan Gampang Lampulo, Banda Aceh di rumah keluarga pasangan Misbah dan Abassiah. Rumah yang hancur akibat tertabrak kapal dibiarkan begitu saja, hanya dibersihkan, hal ini untuk mengenang betapa dahsyatnya Tsunami waktu itu.

Di depan rumah dibangung monumen kecil yang menjelaskan secara singkat tentang Kapal Lampulo tersebut. Untuk memudahkan pengunjung melihat posisi atas kapal, maka dibangun tangga melingkar di depan kapal, sehingga pengunjung bisa melihat sejajar dengan kapal yang berada di atas atap.

Di sisi rumah yang tertabrak kapal, ada beberapa kamar yang masih utuh, dan beberapa foto Tsunami Aceh tertera disini. Dan tentunya kenangan yang membuat kita semua berlinang air mata adalah, daftar ribuan korban Tsunami yang ditempel di salah satu dinding kamar. Kita doakan, semoga Beliau-Beliau korban Tsunami diberikan tempat terbaik disana, Amiin.

Kalau mau berkunjung kesini gampang sekali, karena dari Kota Banda Aceh hanya sekitar lima belas menit dengan kendaraan bermotor. Kalau kita tanya penduduk sekitar, rasanya seratus persen akan tahu lokasi Museum Kapal Lampulo.

Semoga peristiwa Tsunami membuat kita semua selalu ingat akan Kebesaran Tuhan Yang Maha Esa.

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 628


×
 

Trip Mlancong




Provinsi