Mencoba Peruntungan di Watu Lumpang, Cikendung – Pemalang

Selasa, 5 April 2016

wisata indonesia

Ternyata Desa Cikendung, Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang tidak hanya dikenal dengan Desa Wisata dan budayanya. Ada hal unik lain yang bisa kita kunjungi ketika berada di Desa Wisata Cikendung.

Jalanan Desa Cikendung Menuju Watu Lumpang

Jalanan Desa Cikendung...

Watu Lumpang..

Narsis di depan Watu Lumpang

Watu Lumpang..

Namanya adalah Watu Lumpang, sebuah batu yang tingginya sekitar 60 centimeter, dengan lubang di tengahnya. Batu ini berada di pekarangan salah satu penduduk Desa Cikendung, dan telah sejak dulu berada di kebun tersebut. Tidak ada cerita yang Pasti dari penduduk sekitar tentang sejarah keberadaan batu tersebut, tapi biasanya batu-batu seperti itu adalah batu buat ibadah oleh peradaban sebelumnya.

Hal itu menunjukkan, kalau ratusan bahkan ribuan tahun lalu sudah ada kehidupan sekaligus kebudayaan yang berkembang di Desa Cikendung. Apa yang bisa kita lihat dari Watu Lumpang ? Dipercaya oleh penduduk sekitar bahwa siapa saja yang bisa menyentuh dasar dari lubang yang ada di Watu Lumpang, keinginannya akan terkabul. Ya, namanya juga mitos, boleh percaya atau boleh tidak.

Ternyata dasar Watu Lumpang lumayan dalam, sepertinya untuk rata-rata orang Indonesia tidak akan bisa mencapai dasarnya. Menurut perhitungan, dasar Watu Lumpang tersebut hanya bisa disentuh oleh orang dengan tinggi minimal 190 cm ke atas. Hal ini mengindikasikan kalau orang yang berdiam disini dulunya, secara rata-rata pasti berbadan besar.

Yang terpenting ketika berkunjung ke Watu Lumpang, setidaknya kita tahu akan keberadaan masa lalu disini, serta ikut mensukseskan Desa Cikendung sebagai Desa Wisata Nasional.

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 602


×
 

Trip Mlancong




Provinsi