Melahap Ikan Tude Khas Manado

Rabu, 26 Sepember 2012

wisata indonesia

Tempatnya sangat sederhana untuk bilangan Jakarta Pusat, sebuah ruko dua lantai yang di cat berwarna-warni luarnya. Namun interiornya sangat sederhana, hanya tembok yang dicat warna putih dengan kursi-kursi model lama. Resto ini setiap jam makan siang selalu ramai oleh pengunjung, makanya selalu membuat penasaran orang untuk datang.

Selamat datang

Suasananya..

 

Tinggal pilih

Sambelnya...mantab..

Ikan Tude...lezatnya...

Bunga pepaya

Beberapa waktu lalu saya sempatkan datang ke resto ini dan mencoba, apakah betul sajian masakan Khas Manado memang lezat. Dan seperti tampak dari luar yang penuh dengan parkir mobil, resto ini juga penuh di saat jam makan siang. Kebetulan di lantai satu ada satu meja yang masih kosong, dan saya langsung menempati meja tersebut.

Pesanan saya tentunya ikan tude, yang katanya paling khas dari Resto ini. Tidak perlu menunggu terlalu lama, 5 menit berselang ikan tude goreng yang saya pesan pun datang. Satu ekor ikan yang cukup besar dengan nasi yang dibentuk seperti mangkuk terbalik.

Ikan tude bakar maupun goreng disajikan dengan disertai oleh dua macam sambal yaitu sambal dabu-dabu dan sambal ulek. Sambal ulek untuk ikan goreng dan bakar pun berbeda. Sambal untuk ikan tude bakar tampaknya lebih pekat, lebih gelap warnanya, dan lebih kering. Sementara sambal untuk ikan tude goreng lebih berair, mungkin lebih didominasi oleh tomat dan berupa sambal mentah.

Ikan tude goreng, digoreng sampai kering dan garing, mantab sekali ketika dicampur dengan sambal ulek dan sedikit kecap. Rasa pedas, manis ditambah dengan nasi hangat menyatu dan inilah sensasi makan ikan tude Manado. Hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk menghabiskan satu porsi nasi dan satu potong ikan tude. Namun hanya satu yang sangat disayangkan, ikan tude yang tersaji nampaknya bukanlah ikan segar sehingga sedikit mempengaruhi cita rasa.

Selain ikan tude, yang khas dari resto ini adalah bakwan jagung, bubur Manado dan beberapa kue khas Manado yang bisa dibawa pulang. Seperti Kue Panada dan kue Lalampa. Dengan kekhasannya, Ikan Tude Manado Jalan Blora bisa menjadi alternatif kuliner anda di seputaran Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

 

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 918


×
 

Trip Mlancong




Provinsi