Jalan Setapak Menuju Situs Condrogeni

Selasa, 17 Juli 2012

wisata indonesia

Dari awal juga sudah terlihat, kalau jalan menuju situs ini hanyalah jalan setapak, namun motor bisa melaju di jalan tersebut sampai dengan 1 kilometer menjelang lokasi. Kalau mau pakai motor, kita harus ekstra hati-hati, karena jalannya yang sempit, dan beberapa spot area langsung berbatasan dengan jurang yang lumayan dalam.

Melewati hutan pinus

Waduuh...sebelah kanan jurang

Halaman situs Condrogeni

Situs Condrogeni

Situs Condrogeni

Ini dia...situs Condrogeni

Semacam kuburan di dekat situs

Jalanan menuju ke arah situs sangat sepi sekali, bayangkan 2 kilometer perjalanan hanya bertemu dengan seorang petani saja. Suasana sekitar bukit pun terasa sekali aroma magisnya. Sampai ketika harus meneruskan perjalanan dengan jalan kaki, aroma magis menjelang lokasi semakin terasa. Sepertinya kalau kesini sendiri..hmm…tidak punya nyali…sereem.

Sebetulnya tanjakan yang saya lalui tidak begitu tinggi, tapi entah kenapa rasanya berat sekali. Rasanya ingin turun saja, tapi karena sudah melakukan hampir sebagian besar perjalanan, harus dilanjutkan. Semakin mendekati loaksi, Suasana sekitar pun sangat sepi sekali….hiii..bulu kuduk semakin merinding.

Dan, setelah melalui sungai kecil, akhirnya sampai juga di pelataran situs Condrogeni. Sebuah arca yang konon dipercaya sebagai salah satu tempat pertirtaan Prabu Airlangga, tak ada sumber pasti mengenai hal ini, ini hanya menurut orang sekitar. Arca tersebut berukuran sebadan dengan manusia, namun dengan posisi duduk dan terlihat agak gemuk.

Disamping arca ada sebuah pekuburan, dan arcanya sendiri dilingkari dengan pagar bambu seluas 3 x 8 meter. Beberapa lilin dan dupa nampak terlihat di depan arca, sebagai pertanda kalau tempat ini memang sering digunakan untuk bersemedi.

Bahkan menurut seorang petani yang saya temui dalam perjalanan pulang, di hari-hari tertentu sering terdengar suara gamelan dari sekitar area situs Condrogeni. Padahal ketika bunyi-bunyian gamelan terdengar, di sekitar lokasi tidak ada orang satupun..hii..hii, boleh percaya boleh tidak !

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 775


×
 

Trip Mlancong




Provinsi