Curug Cikondang, Ironi sebuah Keindahan

Senin, 1 Oktober 2012

wisata indonesia

Berkali-kali kami Tanya kepada penduduk sekitar, dimana lokasi Curug Cikondang. Dan setiap penduduk yang saya tanya, selalu saja bilang. “ Dah deket Mas..di depan situ”. Wah ternyata masih beberapa kilo lagi letaknya, dan ditambah dengan kondisi jalan yang jelek, membuat perjalanan menjadi semakin lama. Jarak 8 km harus kami tempuh dalam waktu 1,5 jam lebih.

Penambang emas di atas air terjun

Jalan setapak menuju air terjun

Mantab..

Indah..

Indahnya..

Sayang....kotor airnya..

Baru kemudian suara gemericik air terdengar dari kejauhan, dan ternyata betul itu adalah bunyi dari grojogan air Curug Cikondang. Kemudian kami mencari lokasi parkir yang letaknya tak jauh dari Curug Cikodang.

Setelah membayar restribusi sebesar Rp 2 ribu per orang, maka perjalanan kami lanjutkan dengan berjalan kaki. Tepat di atas air terjun, terdapat sebuah penambangan emas tradisional, yang pastinya memperkeruh dan membuat aliran sungai menjadi kotor. Sebetulnya di beberapa aliran sungai di bawah  air terjun sudah banyak beberapa penambang, namun tidak menyangka kalau di atas air terjun ada juga.

Perjalanan saya lanjutkan dengan mengitari air terjun untuk menuju lokasi persis di bawah ir terjun. Sebuah pemandangan yang indah karena air terjun ini berdiamter cukup lebar, mungkin sekitar 50 an meter, dan tingginya juga sekitar 70 meter. Namun keindahan itu menjadi sirna ketika melihat bebatuan yang ada di belakang air terjun yang sangat hitam.

Air nya pun sangat kotor sekali karena penambangan emas yang ada di atasnya. Maka dari itu sungguh ironi sekali, keindahan Curug Cikondang menjadi tidak indah lagi dengan kehadiran para penambang emas yang ada di sekitarnya.

Padahal kalau melihat bentuk air terjunnya yang indah, sungguh sebuah potensi luar biasa yang bisa dikembangkan, dan menjadi andalan wisata Desa Sukadana, Kabupaten Cianjur. Untuk menuju kesini relatif butuh perjuangan karena jalannya tidak mulus. Arahkan kendaraan anda ke Kota Cianjur, kemudian dapatkan arah Warung Kondang, dari sini anda masuk ke dalam sejauh kurang lebih 20 an km.

Mudah-mudahan Pemda setempat menyadari potensi yang ada, sehingga pembenahan segara dilakukan, sehingga wisatawan yang datang pun terus meningkat.

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 478


×
 

Trip Mlancong




Provinsi