Biar Awet Muda, Mandilah Di Air Terjun Sedudo

Selasa, 3 Juli 2012

wisata indonesia

Mungkin bagi warga luar kota Nganjuk, air terjun Sedudo kurang begitu dikenal. Tapi bagi warga Nganjuk, Sedudo merupakan salah satu permata yang terletak 30 km dari Kota Nganjuk. Selain karena keindahannya, air terjun Sedudo yang terletak di ketinggian 1400 meter di atas permukaan air laut dengan ketinggian air terjun 105 meter dipercaya dapat membuat awet muda serta mengandung kekuatan supra natural lainnya.

Selamat datang..

Selamat datang..

Wow..asyiknya..

Mantab...

Hiii..dingiin..

Airnya deras

In action

Terlihat dari kejauhan

Nikmatnya lihat air terjun sambil makan singkong hangat...

Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang pihak Pemkab Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.

Dan khusus pada upcara Parna Prahista ini tidak hanya warga Nganjuk yang datang, tapi banyak warga luar Nganjuk yang memenuhi lokasi untuk melihat acaranya berlangsung. Bahkan menurut orang sekitar, di saat upacara ini dilangsungkan, 2 km menjelang lokasi kita harus berjalan kaki menuju air terjun.

Secara alamiah, air terjun yang terletak di lereng Gunung Wilis ini memang indah. Selain sejuk dan ketinggiannya, jalan menuju kesana yang melewati kebun-kebun, sawah-sawah, terlihat begitu alami. Fasilitas di sekitar air terjun juga terbilang lumayan lengkap.

Dari mulai homestay, warung-warung makan, toilet dan tempat parkir yang nyaman. Namun perlu diperhatikan, kalau anda membawa mobil ke lokasi air terjun, periksalah mobil anda terlebih dulu. Karena jalan ke air terjun naik begitu terjal, hingga dikhawatirkan kalau mobil tidak sehat bisa tidak kuat menanjak.

Yuk..kita sambangi air terjun Sedudo !

By : AMGD



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 299


×
 

Trip Mlancong




Provinsi