Berpetualang ke Air Terjun Dua Undak

Kamis, 20 Sepember 2012

wisata indonesia

Perjuangan tidak hanya berhenti disitu, Setelah melewati Pasar Cicurug, kita mesti belok kanan untuk menuju Wana Wisata Cangkuang kalau dari arah Jakarta. Dan hampir separo jalan yang kita lewati menuju Wana Wisata Cangkuang, rusak dan berlubang-lubang.

Melewati sawah..

Segaar..

Airnya deras..

Indahnya...

In action

Baru setelah mendekati Wana Wisata Cangkuang kepenatan kita akan hilang setelah mulai melewati kaki Gunung Salak yang sejuk. Beberapa saat kemudian, kita memasuki gerbang masuk Wana Wisata Cangkuang. Kemudian lapor pada petugas setempat sebelum menuju air terjun Dua Undak.

Petualangan dimulai lagi, kita harus jalan kaki menuruni punggungan bukit, kemudian menuju lembah. Dari lembah ini kita mesti naik lagi, kemudian turun sedikit, barulah sampai di air terjun Dua Undak.

Wow..air terjunnya tidak begitu tinggi, kurang lebih 25 meter tingginya, namun airnya deras dan sangat dingin. Wah..tak kuat rasanya juga menempatkan telapak kaki di dalamnya. Airnya sangat bersih, dan uap air akibat derasnya air terjun semakin menambah keindahan air terjun ini.

Di bawah air terjun ini terdapat batu dengan ketinggian kira-kira 15 meteran yang mengalirkan air dari air terjun di atasnya, namun debit airnya tidak terlalu deras seperti air terjun di atasnya. Karena ada dua undakan tersebut, makanya dinamakan air terjun Dua Undak.

Walaupun hanya mandi dan duduk-duduk, kepenatan perjalanan dari Jakarta menuju air terjun Dua Undak yang hampir empat jam terbayar lunas sudah. Tempat ini bisa menjadi salah satu referensi tempat wisata Sukabumi.