Berakit Santai Melintasi Sungai Oya, Menuju Air Terjun Sri Gethuk

Minggu, 26 Agustus 2012

wisata indonesia

Oleh karena itu, di hari-hari tertentu suka terdengar suara gamelan di sekitar air terjun. Terlepas dari cerita masyarakat yang berkembang, kenyataan sekarang ini Air Terjun Sri Gethuk telah menjadi salah satu tempat wisata yang diminati. Kalau di Amerika ada Grand Canyon, Di Pangandaran ada Green Canyon, nah di Wonosari, Yogyakarta, ada Air Terjun Sri Gethuk.

Indah..

Melewati hutan jati

Jalannya berkapur

Dermaga Sri Gethuk dari atas

Dermaga Sri Gethuk..

Dermaga Sri Gethuk..

Dewa Bleberan

Asyiknya naik perahu sambil membaca

Sungai Oya

Rakitnya..

Tebing-tebing Sungai Oya

Tebing-tebing Sungai Oya

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Menikmati dinginnya air

In action

Menikmati dinginnya air

Nasi tiwul

Kenapa seperti itu ? karena memang tebing-tebing di kanan kiri Sungai Oya yang kita lewati menuju Air Terjun Sri Gethuk mirip sekali dengan Grand Canyon dan Green Canyon. Sebetulnya ada dua jalan menuju Sri Gethuk, yang pertama adalah menyusuri hutan kecil di tepi Sungai Oya, yang kedua adalah menggunakan rakit melawan arus Sungai Oya.

Cara kedua biasanya lebih diminati oleh para pengunjung luar daerah, karena sensasi melewati tebing-tebing keindahan Sungai Oya begitu mengasyikkan. Perahu berjalan santai sembari kita berdiri di atasnya dan menatap keangkuhan tebing-tebing di kanan dan kiri sungai, wow…luar biasa keindahannya.

Sayangnya jarak dermaga perahu ke air terjunnya hanya sekitar 200 meter, jadi rasanya sekali jalan belum berasa puas. Namun kepuasan tersebut akan terlunasi ketika kita menikmati keindahan air terjun dengan airnya yang dingin. Melihat air terjun Sri Gethuk, sepintas seperti taman-taman buatan manusia. Bebatuan yang tersusun berundak, rapi dan indah, namun kali ini benar-benar buatan alam.

Kepuasan tersebut akan semakin lengkap jika kita mandi di Sungai Oya, yang lokasinya persis di bawah air terjun. Airnya segar dan dingin, kalau berendam di dalamnya, rasanya malas tuk beranjak dari air. Akhir dari perjalanan anda harus nikmati dengan makan sego (nasi) tiwul yang banyak dijual disekitar lokasi parkir. Nasi tiwul dicampur dengan daun bayem dan tempe penyet…wah…mantab……

Menuju Air Terjun Sri Gethuk yang terletak di Desa Bleberan, Wonosari tidaklah terlalu sulit. Dari Kota Yogyakarta tinggal arahkan kendaraan anda ke Kota Wonosari sampai bertemu dengan bundaran Kota Wonosari. Dari sini ambil arah kanan dan ikuti jalan sampai dengan jalan Makadam.

Di seputar jalan Makadam, kita akan menikmati indahnya pemandangan hutan kayu putih milik Perhutani dengan latar belakang bukit-bukit. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan memasuki Dusun Menggoran dengan hutan jatinya yang rapat. Kemudian ikuti jalan, karena lokasi air terjun sudah tidak jauh lagi dari hutan jati tersebut. Selamat berburu !

By : AMGD

 



Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 435


×
 

Trip Mlancong




Provinsi