Air Terjun Sendang Gila, Salah Satu Pesona Rinjani

Selasa, 3 Juli 2012

wisata indonesia

Konon dulunya, ada seekor singa gila yang mengamuk dang mengganggu penduduk setempat. Akhirnya singa tersebut diburu dan secara tak sengaja dalam pengejaran tersebut ditemukan air terjun, maka dari itu dinamakanlah air terjun tersebut dengan Sendang Gila.

Air Terjun Sendang Gila berjarak kurang lebih 60 km dari ibu kota Mataram.  Untuk mencapainya, yaitu desa Senaru, diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan roda empat dari pusat kota Mataram.  Rute yang diambil bisa melalui Pusuk atau Pantai Senggigi.   Tidak ada kendaraan umum yang menuju langsung ke lokasi ini. Maka dari itu, biasanya untuk berkunjung kesana dari Kota Mataram para pelancong menyewa mobil sendiri.

Sendang Gila terlihat dari kejauhan

Welcome

Wow..bertingkat

Indahnya..

Mantab..

Menikmati keindahannya..

Selanjutnya dari pintu masuk di desa Senaru ke lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki menuruni 315 anak tangga melalui sebuah lembah yang cukup terjal dan membutuhkan waktu sekitar 20 menit.  Perjalanan turun memang menyenangkan, tapi perjalanan pulang bisa membuat kaki pegal karena harus menaiki tangga sebanyak 315 buah.

Terletak di ketinggian 600 m di atas permukaan laut (dpl) dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter membuat suasana sekitar air terjun terasa sangat sejuk. Terdiri dari dua tingkatan, dimana tingkat pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam dibawahnya.  Selanjutnya dari kolam ini air meluncur ke bawah membentuk tingkatan kedua dan jatuh membentuk sungai yang ada di bawahnya. Dasar air sungai ini relatif datar, sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun.

Penduduk sekitar mempercayai bahwa dengan mandi di air terjun tersebut bisa membuat   awet muda. Tak jauh dari Air Terjun Sendang Gila, di lokasi ini juga akan ditemui dua air terjun lain yaitu Air Terjun Tiu Kelep dan Air Terjun Batara Lejang.  Posisi keduanya berada di atas air terjun ini ke arah hulu dan terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Sungguh, air terjun Sendang Gila memang menjadi pelengkap atas keindahan Gunung Rinjani. Sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bagi anda yang berwisata ke Lombok.

 

By : AMGD




Kirim komentar

Nama :

Email :

Isi Komentar :

Masukan Angka Berikut ini : 759


×
 

Trip Mlancong




Provinsi